h1

Mengembangkan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) dalam Pembelajaran Matematika

13/02/2009

Ali Mahmudi
Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY
Kampus Karangmalang Yogyakarta

Abstrak
Penggunaan soal terbuka (open-ended problem) telah menjadi
kecenderungan dalam pembelajaran matematika saat ini.
Pembelajaran matematika yang memanfaatkan penggunaan soal
terbuka memberikan peluang untuk lebih mengeksplorasi kemampuan
berpikir siswa secara komprehensif.
Penggunaan soal terbuka juga dapat mengakomodasi berbagai karakteristik siswa. Penggunaan soal terbuka perlu dibudayakan dalam pembelajaran matematika.

Namun demikian,
upaya ini sering terkendala oleh terbatasnya kemampuan guru dalam
mengembangkan soal-soal terbuka. Tentu, keterbatasan ini perlu diatasi.
Dalam tulisan ini akan dikemukakan beberapa strategi atau cara mengembangkan soal
terbuka dalam pembelajaran matematika. Strategi-strategi tersebut di antaranya
adalah mengubah soal tertutup menjadi soal terbuka, memberikan contoh yang
memenuhi kondisi atau syarat tertentu, menentukan siapa yang benar, dan
menyelesaikan soal dengan berbagai cara.

Kata Kunci : soal terbuka (open-ended problem)

Diambil dari: Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika
Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: